Sambal

Seminggu sekali aku pasti pulkam alias pulang kampung. Sudah sering rasanya setiap pulang, di rumah selalu disajikan hidangan sambal. Ada sambal ijo, sambal goreng, sambal  terasi, dan sambal asam manis. Satu sambal favoritku, yaitu sambal goreng, bahkan teman kosanku juga sangat mengidolakan sambal goreng buatan mama.

Kamis malam aku baru pulang, entah kenapa kali ini perutku terasa menagih makan. Tapi, mamaku yang tidak tahu aku pulang malam kamis ini, sama sekali tidak menyiapkan makan malam yang tampak enak dimataku. Biasanya mama selalu memasak masakan yang enak, setiap kali aku pulang, karena itu aku suka sering pulang kampung. Yah.. kali ini salahku, aku tidak memberitahukan kepulanganku, jadi aku harus terima melihat meja makan hanya tersaji tempe kecap saja. Malam itu aku tidak berlselera memakan makanan yang ada di meja makan. Tak sengaja membuka kulkas, aku pun melihat lele dan beberapa bumbu. Tiba-tiba ting!!! *ada ide. Aku langsung saja menggoreng ikan lele yang sebelumnya sudah mama bersihkan. Dua cabai merah, satu bawang putih, satu bawang merah, aku ulek dengan halus. Oh iya, sebelum aku goreng lelenya aku lumuri kecap asin, sedikit garam, dan gula. Setelah ikan lele matang aku langsung memasukan bumbu yang sudah diulek tadi ke penggorengan setelah itu kumasukkan kembali lelenya dan tunggu hingga lima menit dan akhirnya tersaji dengan sangat nikmat, wangi, dan sangat menggoda lidahku. Tapi, lagi-lagi terasa ada yang hilang. Oh.. tentu saja, sambal. Tanpa bantuan mama aku lekas membuat sambal, beberapa cengek (cabe rawit), tomat, bawang merah, dan sedikit terasi. Sebelum aku ulek, semua bahan sambal aku goreng sebentar, lalu kutaruh di cobek dan memasukan garam dan gula secukupnya. Tidak harus menunggu lama, kini makan malam sudah teramat istimewa. Walaupun sambal yang kubuat bukan sambal goreng yang aku suka tapi malam itu aku benar-benar menikmatinya.

Berbicara mengenai sambal, ada beberapa data tentang sambal yang aku salin dari Wikipedia.

Sambal adalah saus yang disiapkan dari cabai yang dihancurkan sehingga keluar kandungan airnya dan biasanya ditambah bahan-bahan lain seperti garam, cuka dan terasi. Sambal adalah salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang paling sering digunakan untuk sambal adalah:

  • Adyuma atau habanero. Ini adalah sejenis paprika kecil yang rasanya sangat pedas. Biasanya berwarna kuning.
  • Cabai Cayenne. Biasanya berwarna merah dan sangatlah pedas. Banyak paprika yang rupanya mirip.
  • Madame Jeanette Cabai yang warnanya kuning atau hijau muda. Sangatlah pedas dan aromatis.
  • Cabe Rawit. Cabai yang kecil dan berwarna merah atau hijau. Sangatlah pedas.
  • Lombok. Ini bentuknya panjang dan warnanya merah atau hijau. Rasanya biasanya tidak sepedas cabai rawit.

Variasi

Sambal mempunyai konsistensi yang lebih padat salsa dan mengandung lebih banyak rempah-rempah. Sambal dapat bervariasi dari kurang pedas hingga sangatlah pedas. Ada beberapa macam variasi, termasuk:

Sambal Asam

Sambal ini mirip sambal terasi dan mengandung asam, biasanya asam jawa.

Sambal Bajak

Cabai untuk sambal ini digoreng dengan minyak, ditambah dengan bawang putih, terasi dan bumbu-bumbu lainnya.

Sambal Balado

dari Minangkabau. Cabai untuk sambal ini digoreng dengan minyak, bawang putih, bawang merah atau bawang bombai, tomat, garam dan jeruk nipis.

Sambal Belacan

Sambal ini mengandung belacan atau udang yang dilumatkan. Sambal ini juga dapat digabung dengan bahan lain seperti kangkung untuk menghasilkan sambal kangkung, dengan cumi-cumi untuk menghasilkan sambal sotong, dan dengan telur untuk sambal telur.

Sambal Kemiri

Sambal ini mengandung Kemiri

Sambal Manis

Cabai, bawang dan gula. Rasanya agak manis.

Sambal Pencit

Sambal ini dicampur dengan irisan buah mangga muda (bahasa Jawa: Pencit).

Sambal Tomat

Sambal ini dicampur dengan tomat, baik yang diiris kecil-kecil atau dilumatkan.

Sambal Trassi atau sambal terasi

Mengandung terasi, yang adalah udang yang dilumatkan. Juga mengandung cabai merah dan hijau, terasi, gula, garam, jeruk nipis.

Sambal Udang

Cabai digoreng dengan minyak, bawang putih dan udang.

Sambal Ulek (Oelek)

Beberapa resep juga menggunakan garam dan jeruk nipis.

Sambal Jeruk

Cabai hijau dengan perasan jeruk nipis.

Sambal Setan

Sambal yang sangat pedas dengan Cabai Madame Jeanette.

Sambal Pedas Pedas

Sambal ulek yang sangat pedas.

(Walaupun datanya tidk begitu lengkap tapi bisa menggambarkan dan memaparkan apa itu sambal)

Kembali kuceritakan kisahku mengenai sambal. Sorenya mama membuat sambal goreng kesukaanku, tapi sambal ini jelas berbeda karena ternyata terasa sangat sangat pedas. Entah berapa cabai yang mamaku berikan, jelas sekali aku tidak suka sambal yang terlalu pedas karena itu membuatku sakit kepala dan tidak bisa menikmati hidangan yng menemaninya seperti ikan, nasi, dan sayurannya. Lidahku terasa terbakar, mungkin mama lupa memberikan takaran yang pas. Walaupun begitu sambal mama tetap menjadi facvorit adikku. Ya, adikku penggila sambal, bahkan baso yang ia makan akan terasa sangat pedas dan pahit rasanya. Tidak hanya itu adik lelakiku lebih memilih tidak makan jikatidak ada sambal.

Sambal memang sangat mempengaruhi selera makan khususnya masyarakat Indonesia. Tanpa sambal ada yang mengatakan semua makanan akan terasa hambar.  Tapi terlalu banyak makan sambal pastinya ada beberapa resiko yang akan teralami khususnya di dalam perut.

Makanlah makanan yang kalian suka, tapi janganlah memakan makanan itu terlalu berlebihan.

Sambal itu memang nikmat…

Muzzamilah 24062011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s