Peranan Bahasa Indonesia

Peranan Bahasa Indonesia

 

Dalam UUD 1945 Bab XV, pasal 36, dinyatakan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa negara, dan bahasa daerah yang dipakai sebagai alat perhubungan dan dipelihara  oleh masyarakat. Pemakainya dipelihara juga oleh Negara sebagai bagian kebudayaan nasional yang hidup.

Bahasa menjadi lambang identitas nasional, alat pemersatu, alat komunikasi, bahasa resmi kebudayaan, bahasa pengantar, bahasa pergaulan, bahasa perhubungan, dan sebagainya. Bahasa Indonesia mempermudah kita dalam mengembangkan dan menginformasikan kebudayaan, mempercepat kemajuan proses pendidikan, dan sebagai penghubung antar suku, kesatuan sebagai bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia memiliki peranan penting khusunya untuk bangsa kita. Dengan bahasa manusia dapat mengungkapkan perasaan dan mengekspresikan sikap juga sebagai sarana komunikasi, dapat mengkomunikasikan apa yang sedang dipikirkan.

Dalam hal ini, banyak yang menganggap bahwa  bahasa tidak perlu dipelajari karena bahasa itu mudah. Padahal yang mudah adalah bahasa ragam santai, bahasa yang sering digunakan sehari-hari. Kemudahan itu tidak tampak pada bahasa ragam resmi, ketika di hadapkan pada situasi ragam resmi dan harus menggunakan bahasa Indonesia ragam resmi barulah akan merasakan ketidakmudahan itu. Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, benar, dan teratur dengan tepat tidaklah semudah yang disangkakan.

Tidak dipungkiri mayoritas masyarakat daerah menggunakan bahasa daerah, bahasa pertama. Bahasa yang sering ditemui dalam lingkup lingkungan sekitar atau keluarga. Sedangkan lingkungan sekolah dan lingkup luar daerah penggunaan bahasa Indonesia lebih dominan, bahkan menjadi syarat mutlak untuk komunikasi antar suku yang berbeda.

Terkadang penggunaan struktur bahasa daerah masuk dalam penggunaan bahasa Indonesia. Namun, hal itu dapat dihindari jika menguasai benar struktur bahasa masing-masing.

Berkaitan penjelasan di atas, bahwa bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu dan jati diri bangsa perlu adanya pendalaman pengetahuan tentang bahasa itu sendiri, dengan cara banyak membaca buku-buku yang baik untuk meningkatkan ilmu kebahasaan, khususnya bahasa Indonesia.

 

Oleh Muzzamilah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s