Aku Tendang Rokokmu dari Moncongmu!


oleh Muzzamilah

            Salam semuanya. Sudah lama sekali aku tidak memoles keybord untuk menulis. Saat ini aku ingin menyinggung para perokok. Soalnya aku benci dan gak suka orang yang ngerokok dan gak tahu tempat. Kalau ngerokoknya sendiri dan dinikmatin sendiri sih itu hak mereka, tapi kalau sudah gak tahu diri dan gak tahu tempat. Aku tendang rokokmu dari moncongmu!

            Sabtu lalu, seperti biasa aku pulkam alias pulang kampung ke Bogor. Berhentinya Agramas di terminal Baranangsiang membuatku sangat bahagia. Sudah tidak lama lagi aku akan bertemu Muhtaz, adik baruku yang kini usianya baru dua bulan. Aku pun menyebrang untuk menaiki  angkutan kota nomer 01 jurusan Ciawi. Aku duduk dengan santai di belakang supir. Awalnya nyaman dan biasa-biasa saja. Tiba-tiba datang seorang pelajar berpakaian putih abu-abu duduk tepat di hadapanku. Dengan santai anak baru gede itu menghisap berkali-kali puntung rokok. Tatapannya sekali-kali melirikku, entah dia canggung atau karena aku cantik (hihi ge-er) dan mungkin apa karena aku tampak seperti mbak mbak judes yang juga sama-sama melirik si lelaki dengan sinis. Jujur saja aku tidak suka dengan si lelaki ABG itu, bukannya dia jelek dan berjerawat tapi karena si lelaki itu merokok di hadapanku. Asapnya memang tidak mirip dengan semprotan para petugas demam berdarah untuk mengusir nyamuk, tapi baunya itu loh… bikin sesak dan nafas tidak teratur. Aku merasa dirugikan setengah mati. Sia-sia saja aku mencoba hidup sehat tapi, masih saja ada asupan asap beracun ke dalam tubuhku.

            Aku mencoba memberikan kesempatan pada si pemuda itu, tiga menit sudah aku mendiamkan dia. Tapi, dia benar-benar kepala batu! Tampaknya dia tidak sadar bahwa aku sudah mau naik pitam. Aku yang terus menatapnya malah membuat si lelaki baru gede itu tersenyum, seakan-akan aku mencoba merayunya. Ih! Padahal dalam hati aku ingin sekali menendangnya keluar angkot. Aku benar-benar tidak sabar untuk menegurnya. Tapi sayang sekali kesempatan itu harus aku lewatkan, entah dia memiliki ilmu kebatinan untuk membaca pikiranku atau tidak, yang jelas dia langsung membuang rokok  yang tinggal setengah lagi dari ukuran normalnya. Aku tidak senang sekali, benar-benar kesempatan yang tidak bisa aku dapatkan, rasanya aku ingin sekali menceramahi si pemuda itu, tapi sayang… aku terlambat.

           Asal kalian tahu, rokok adalah benda mujarap untuk membunuh seseorang secara perlahan. Mengerogoti gizi dan keindahan tubuh. Menempelkan racun-racun hingga akhirnya berujung kematian yang menyakitkan. Menurut data dari http://organisasi.org/efek-bahaya-asap-rokok-bagi-kesehatan-tubuh-manusia-akibat-sebatang-rokok-racun-ketagihan-candu-buang-uang-dan-dosa  bahwa :

             Mokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.

  1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
  2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
  3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.
  4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.
  5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.
  6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Kesimpulan :

            Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan bodoh yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka bersyukurlah anda jika belum merokok, karena anda adalah orang yang smart / pandai.

            Wah! Rokok emang bahaya, bahkan sangat bahaya. Menurutku para perokok adalah orang-orang yang tidak menyayangi dirinya juga orang lain. Egois alias ingin menang sendiri. Orang-orang yang tidak merokok akan merasa seperti di neraka. Dan perokok tidak sama sekali memperdulikan kenyamanan yang tidak merokok.

            Kalian tahu slogan yang ada di setiap bungkus rokok? Coba perhatikan! “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan”, tapi masih saja masyarakat Indonesia selalu membeli rokok. Apalagi di Indonesia iklan-iklan rokok aktrisnya pasti ganteng-ganteng, kekar, gagah, dan tampak perkasa. Aneh banget pokoknya. Emang rokok bisa bikin orang jelek jadi tambah ganteng? Atau rokok bisa bikin orang tambah fress buat bikin ide-ide? Enggak kali. Di daerahku yang ngerokok itu kebanyak jadi keliatan kusam, bau mulut, bau badan, mata lesu dan merah, juga terlihat seperti orang yang penyakitan.

           Menurut penelitian ( http://www.eocommunity.com/showthread.php?tid=26794 ) meroko dapat menyebabkan berkurangnya daya ingat. Studi terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti Northumbria University, Inggris menemukan bahwa kebiasaan merokok berakibat buruk terhadap otak.

          Studi yang dilakukan terhadap 70 partisipan berusia 18-25 tahun berhasil menemukan bahwa perokok dapat kehilangan 1/3 ingatan setiap hari dibandingkan mereka yang tidak merokok. Penelitian dilakukan dengan mengadakan uji coba pada partisipan untuk mendengarkan lagu perserikatan kampus. Setelah partisipan diminta menjawab pertanyaan secara detail seputar lagu tersebut, perokok mendapatkan nilai buruk dengan mengingat 59 persen saja, partisipan yang berhenti merokok mampu mengingat sebanyak 74 persen.

         Sementara mereka yang tidak pernah merokok mengingat 81 persen. Pemimpin studi Tom Heffernan mengatakan, hasil penelitian timnya sangat bermanfaat untuk mendukung kampanye antirokok. Seperti diketahui, lebih dari 10 juta orang di Inggris adalah perokok dan sekitar 45 juta di Amerika Serikat. (Sumber: Dailymail)

          Oleh karena itu, janganlah merokok. Seharusnya orang tua dan pendidik lebih memerhatikan pola prilaku anak yang menuju proses kedewasaan. Jangan sampai anak meniru kebiasaan buruk orang tuanya yang merokok, karena hal itu sangat merugikan diri sendiri dan orang lain. Peran pemerintah pun sangatlah penting dalam memberikan kebijakan untuk tidak merokok. Tapi, ya bagaimana? Rokok sepertinya sulit dijauhkan dari kaum laki-laki.

Maaf, Pak Presiden ngerokok?

Kalau merokok, hem… hehe *tersenyum aneh.

 kalau enggak sih, ya… bagus kalau begitu.

3 pemikiran pada “Aku Tendang Rokokmu dari Moncongmu!

      1. iya mbak, abis itu lanjutkan ke temen2 blogger yang lain… begitu pesan yang ngasih PR ke saia… hehe, berbagi cerita sambil menjalin silaturrakhim ala blogger ^_^

Tinggalkan Balasan

