Motivasi Belajar: Pengertian, Ciri-ciri, dan Upaya.

Siswa di sekolah tentunya  memerlukan perhatian khusus dari gurunya. Harus merata dan tidak pilih kasih. Seorang guru memberikan perhatian tidak hanya di dalam kelas saja tetapi baik di sekolah maupun di luar sekolah. Perlunya perhatian seorang guru kepada muridnya agar siswa dapat nyaman beraktivitas di sekolah, menganggap sekolah adalah rumah keduanya. Hal itulah salah satu yang membuat siswa merasa betah, senang, dan bisa meningkatkan gairah untuk terus belajar di sekolah. Jangan sampai sekolah menjadi momok bagi mereka, hal itu akan menjadikan mereka enggan dan membenci sekolah, yang mana seharusnya telah menjadi tempat mereka menuntut ilmu.

Salah satu cara memberikan perhatian kepada siswa, yaitu dengan memberikan motivasi positif atau menyampaikan argumen-argumen yang membangun semangat belajar. Motivasi sangatlah penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri, semangat belajar, bersosialisasi yang baik, dan sebagainya. Bagi guru, penyampaian motivasi menjadi penting dilakukan, khususnya di sekolah agar siswa lebih tertarik untuk tetap mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Tentu keterampilan penyampaian motivasi perlu dimiliki oleh semua guru. Karena memperkuat motivasi belajar  jelas termasuk tugas pengajar.

Selanjutnya saya akan merangkum beberapa pengertian motivasi, ciri-ciri motivasi, dan upaya memotivasi siswa. Penjelasan tersebut saya ambil dari buku yang berjudul Belajar dan Pembelajaran oleh Drs. Ali Imron, M.Pd. tahun terbit 1996. Jika teman-teman ingin mengetahui buku ini lebih lanjut, dapat dipinjam di perpustakaan umum UIN Jakarta.

Motivasi berasal dari kata Inggris motivation  yang berarti dorongan, pengalasan dan motivasi. Dalam kegiatan belajar mengajar dikenal dengan istilah motivasi belajar, yaitu motivasi yang diterapkan dalam kegiatan belajar. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar itu demi mencapai satu tujuan (Winskel, 1987).

Motivasi belajar memegang perana penting dalam memberikan gairah, semangat dan rasa senang dalam belajar sehingga yang mempunyai motivasi tinggi mempunyai energi yang banyak untuk melaksanakan kegiatan belajar. Siswa mempunyai motivasi tinggi sangat sedikit yang tertinggal belajarnya dan sangat sedikit pula kesalahan dalam belajarnya (Palardi, 1975)

Ada beberapa ciri siswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Ini dapat dikenali melalui proses belajar mengajar di kelas sebagaimana dikemukakan Brown (1981) sebagai berikut:

  1. Tertarik kepada guru, artinya membenci atau bersikap acuh tak acuh;
  2. tertarik pada mata pelajaran yang diajarkan;
  3. mempunyai antusias yang tinggi serta mengendalikan perhatiannya terutama kepada guru;
  4. ingin selalu bergabung dalam kelompok kelas;
  5.  ingin identitasnya diakui  oleh orang lain;
  6. tindakan, kebiasaan dan moralnya selalu dalam kontrol diri;
  7. selalu mengingat pelajaran dan mempelajarinya kembali;
  8. dan selalu terkontrol oleh lingkungannya.

Sardiman (1986) mengemukakan bahwa ciri-ciri motivasi yang ada pada diri seseorang adalah:

  1. tekun dalam menghadapi tugas atau dapat bekerja secara terus menerus dalam waktu lama;
  2. ulet menghadapi kesulitan  dan tidak mudah putus asa, tidak cepat puas atas prestasi yang diperoleh;
  3. menunjukan minta yang besar terhadap bermacam-macam masalah belajar;
  4. lebih suka bekerja sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain;
  5. tidak cepat bosan dengan tugas-tugas rutin;
  6.  dapat mempertahankan pendapatnya;
  7. tidak mudah melepaskan apa yang diyakini; senang mencari dan memecahkan masalah.

Beberapa upaya yang dapat ditempuh untuk memotivasi siswa agar belajar adalah:

  1. Kenalkan siswa pada kemampuan yang ada pada dirinya sendiri.
  2. Bantulah siswa untuk merumuskan tujuan belajarnya.
  3. Tunjukan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas yang dapat mengarahkan bagi pencapaian tujuan belajar.
  4. Kenalkanlah siswa dengan hal-hal yang baru.
  5. Buatlah variasi-variasi dalam kegiatan belajar mengajar, supaya siswa tidak bosan.
  6. Adakan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh siswa.
  7. Berikan umpan balik terhadap tugas-tugas yang diberikan dan evaluasi yang telah dilakaukan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan oleh penulis bahwa motivasi belajar adalah dorongan akan pemberikan motivasi di dalam proses belajar agar siswa dengan mudah memilki keantusiasan belajar. Motivasi belajar menjadikan siswa lebih aktif dan mudah mencapai tujuan pembelajaran. Juga perlunya upaya yang musti dilakuakan oleh seorang pendidik dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa.

 

Motivasi adalah kekuatan tersembunyi di dalam diri kita, yang mendorong kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas. Kadang kekuatan itu berpangkat pada naluri, kadang pula berpangkal pada suatu keputusan rasional; tetapi lebih sering lagi hal itu merupakan perpaduan dari kedua proses tersebut.

Penjelasan yang bergaris miring saya kutip dari buku yang berjudul Pengelolaan Belajar oleh Ivor K. Davies halaman 214. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui buku itu lebih lanjut, bisa langsung meminjamnya di perpustakaan umum UIN Jakarta.

2 pemikiran pada “Motivasi Belajar: Pengertian, Ciri-ciri, dan Upaya.

  1. motivasi adalah serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi kondisi tertentu sehingga seseorang mau dan ingin melakukan suatu dan bila tidak suka maka akan berusaha untuk menggelakkan prasaan tdak suka tersebut..@@@

    Riko Linus Gunawan

    nak SMKS KESEHATAN RAHA

  2. Motivasi memiliki peranan yang sangat penting dalam proses belajar siswa yang meliputi dorongan dari dalam diri seperti minat yang menimbulkan kesungguhan untuk belajar dan dorongan dari luar diri seperti penghargaan dan penguatan atas keberhasilannya dalam menyelesaikan suatu aktivitas belajar. Di saat motivasi belajar siswa meledak-ledak, di saat itulah siswa akan belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s