Ayo Menulis 1

Hai semua apa kabar? Hari ini aku akan membahas mengenai menulis. Pasti kalian tidak asing lagi dengan kata tersebut, karena selalu dilakukan setiap saat. Entah itu menulis surat, puisi, cerpen, novel, catatan harian, dan banyak lagi. Satu hal yang aku suka dengan menulis adalah berbagi tulisan dan kata-kata yang tersusun manasuka. Sebenarnya tulisan itu bermacam-macam, ada tulisan ilmiah yang mungkin buat kalian pusing tujuh keliling, tulisan fiksi yang selalu membangun daya imajinasi, atau tulisan asal yang entah maknanya apa. Yang jelas menulis kini tak selalu identik dengan buku, pensil, dan pulpen.

Semua orang pasti pernah menulis. Kini kata menulis tidak hanya identik dengan pensil dan pulpen saja, tetapi seperti keybord, pipet ponsel, atau pun alat ketik lainnya termasuk dalam kegiatan menulis. Di antaranya menulis sms, menulis email, dan menulis status FB.

Di sekolah tentu saja kegiatan menulis menjadi sangat sangat sangat dan super penting. JIka tidak ada kegiatan menulis ya… bukan belajar namanya. Menulis menjadi sangat penting dalam kehidupan siswa, karena seperti yang diungkapkan oleh Taufik Ismail dalam seminar memperingati Bulan Bahasa di UIN Jakarta tahun lalu, bahwa siswa wajib membiasakan diri dalam menulis/mengarang dan membaca, baik itu karya sastra, fiksi, atau non fiksi.

Pada dasarnya menulis adalah kegiatan yang selalu dilakukan dalam proses belajar mengajar. Karena menulis termasuk ke dalam keterampilan berbahasa. Saat ini pembelajaran mengenai menulis sudah menjadi bahan pelajaran yang cukup diminati oleh siswa. Namun, tentu tidak semua siswa. Perlunya pendekatan seorang pendidik agar siswa lebih menyukai kegiatan menulis. Pendidik dapat menggunakan strategi, metode, dan bahan materi yang kreatif tentunya, agar siswa benar-benar tertarik dalam menulis hingga mereka terbiasa dan cinta akan menulis.

Seperti halnya yang aku lakukan saat ini, yaitu menulis dan membahasa apa pun yang ingin aku ungkapkan. Sangat menyenangkan rasanya setelah tulisan itu selesai dan dapat dibaca oleh orang lain bahkan bisa bermanfaat. Aku pernah mengikuti workshop menulis yang dipandu oleh Asma Nadia, menurutnya tulisan yang bagus adalah tulisan yang sudah selesai. Tulisan yang sudah bisa dibaca.

-Selanjutnya aku akan memberikan rangkuman dari bukunya Prof. Dr.Henry Guntur Tarigan mengenai menulis-

 Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggammbarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambar grafik itu. Sepertinya pemahaman tersebut perlu dianalisis lebh lanjut jika ingin memahami dengan baik maksud yang diungkapkan oleh Henry Guntur Tarigan.

Menulis merupakan suatu representasi bagian dari kesatuan-kesatuan ekspresi bahasa. Berbeda halnya dengan melukis, jika melukis hanya bisa menyampaikna makna-makan, tetapi tidak bisa menggambarkan kesatuan-kesatuan bahasa.

Pada prinsipnya fungsi utama dari tulisan adalah sebagai alat komunikasi tidak langsung. Menulis sangat penting dalam pendidikan karena memudahkan para pelajar berpikir, menolong berpikir secara kritis, memperdalam daya tanggap atau persepsi, memecahkan masalah-masalah, menyusun urutan pengalaman, dan membantu menjelaskan pikiran-pikiran.

Tujuan menulis sangat beraneka ragam, bagi penulis yang belum berpengalaman ada baiknya memperhatikan kategori di bawah ini:

  1. Memberitahukan atau mengajar
  2. Meyakinkan atau mendesak
  3. Menghibur atau menyenangkan
  4. Mengutarakan atau mengekspresikan perasaan dan emosi yang berapi-api.

(Selebihnya penjelasan mengenai menulis bisa kalian baca di buku yang berjudul Menulis oleh Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan.)

(Penjelasan di atas mungkin cukup membuka pengetahuan kalian dalam apa itu menulis, fungsi, dan tujuan menulis.)

Lanjut tentang menulis. Menurutku, menulis adalah suatu keterampilan yang harus selalu dilatih setiap harinya. Menulis tidak hanya sekedar menulis saja, tetapi perlu isi, makna, yang mampu membuat orang lain terus membaca sebuah tulisan hingga selesai. Jadi, terakhir kuputuskan bahwa teruslah menulis, menulis, menulis, dan menulis.

Sebenarnya ada banyak hal yang ingin aku tuangkan, tapi sampai sini saja…. Tunggu tulisan-tulisanku yang lainnya yah… ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s