Kreasiku: Kimchi ala Muzzam

 

Kalian pasti sudah tahu dong, kimci adalah masakan Korea yang sudah membudaya di Negara yang terkenal dengan boyband dan girlbandnya itu. Kali ini aku ingin berbagi cara membuat kimchi. Memang sih rasanya sedikit tidak nyaman dilidahku, mungkin karena lidah Asia Tenggara itu kental dengan bumbu atau rempah-rempah yang khas, misalnya saja rendang, semur, sayur lodeh, sayur asem, pokoknya rasanya tuh lebih tajam. *Susah diungkapkan dengan kata-kata.

Aku penggemar drama Korea, sampai-sampai setiap kali actor dan aktrisnya memajang kimchi di meja makan, rasanya ehm, kabita alias tergoda. Karena itu, aku mencoba buat kimchi di rumah. Awalnya sih sempat gak percaya kalau rasa kimchi itu seperti itu, maksudku sedikit pahit, tapi menurut beberapa artikel yang aku baca, itu karena cara pembuatannya saja yang salah. Tentu saja aku gak gampang nyerah, kimchi kedua pun aku buat dengan hati suka cita, tapi sayang, hasilnya tak sesuka hatiku, ternyata setelah rasanya sedikit membaik, kini baunya yang kurang nyaman dihidung, maksudku bau bawang, sepertinya aku terlalu banyak menambahkan bawang. Akhirnya di percobaan ketiga hasilnya lumayan  lebih baik, ya lumayan lah, memang aku belum pernah coba kimchi yang asli dari Korea itu seperti apa, tapi yang jelas gak jauh bedalah dengan yang aku buat ini hehe, mungkin, namanya juga iseng-iseng.

 

CIMG5886

CIMG5890

CIMG5891

CIMG5893

CIMG5894

 

 

Okeh, langsung saja.

Bahan utama:

  1. Sawi putih
  2. Garam

Bahan saos:

1)      1 jari Wortel

2)      Bubuk Cabai secukupnya

3)      1 sdm Biji wijen

4)      1 siung Bawang putih

5)      ¼ siung Bawang Bombay

6)      Jahe

7)      2 jari Bawang daun

8)      1 sdm Tepung beras + air secukupnya

9)      2 sdm gula pasir

10)  2 sdm Kecap ikan (khusus untuk kimchi)

Cara membuat:

  1. Siapkan semua bahan
  2. Cuci sawi putih hingga bersih, taburi sawi dengan garam tiap lembarnya, lalu rendam dengan air garam ±3 jam (jangan lupa sesekali, sawi harus diaduk). Setelah 3 jam berlalu, cuci hingga bersih lalu tiriskan.  (peras-peras sawi hingga bersih)
  3. Untuk sausnya, pertama campur tepung beras, air, dan gula pasir lalu panaskan hingga tampak seperti bubur.
  4. Tuangkan bahan saos, aduk hingga rata. (Jangan lupa cicipi terlebih dahulu, apakah rasanya sudah sesuai  dengan lidah atau belum)
  5. Ambil sawi dan lumeri dengan saos yang telah dibuat sebelumnya. Oleskan tiap lembarnya. Setelah terlumuri kimci bisa langsung dimakan atau pun disimpan dikulkas. Jangan menyimpannya disuhu ruangan, itu akan membuat kimci bau dan tidak bisa dimakan.

 

-Silahkan mencoba-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s