Apakah Kita Sudah Merdeka?

Karya:  Muhammad Reggi Herlianda Colorfull, Simplicity, Elegant 3 tema ini yg saya ambil untuk logo HUT RI yang ke-68 Mewakili Indonesia yang beragam, sederhana, namun kuat
Karya:
Muhammad Reggi Herlianda
Colorfull, Simplicity, Elegant
3 tema ini yg saya ambil untuk logo HUT RI yang ke-68
Mewakili Indonesia yang beragam, sederhana, namun kuat

Selamat hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-68. Kemerdekaan RI bermakna bahwa negara RI ini telah diakui sebagai negara yang berdaulat, sejak 17 Agustus 1945. Namun, apakah kita benar-benar sudah merdeka?

Sedikit menggelitik ketika kemerdekaan hanya dimaknai sebagai ajang perlombaan saja. Upacara yang hikmat menjadi satu-satunya upaya menghormati para pejuang kemerdekaan. Para pejuang seolah terpinggirkan, darah dan keringat mereka ikut terlupakan. Jasa mereka hanyalah tulisan sejarah yang terkadang tidak diingat sama sekali. Lalu apa yang harus kita lakukan? Haruskah diam dalam ketidakbenaran ini? apakah kemerdekaan itu hanya ajang perlombaan dan bukan perenungan?

Kemerdekaan artinya kebebasan atau tidak terjajah lagi, sedangkan terjajah berartikan tertindas dan tersusahkan. Kesusahan berarti kesedihan; kesukaran; kesulitan; kemiskinan. Jika kita melihat arti-arti tersebut maka jelas kita belumlah merdeka seutuhnya, karena masih banyak dari kita yang mengalami kesusahan.

Mengapa Indonesia belum merdeka? karena modernisasi sudah tampak menggeser tradisionalisme, sikap komsumtif seolah tak terelakkan, dan individualisme menjadi hal yang lumrah terjadi di kota-kota besar. Hal tersebut menjadikan kepedulian tidak lagi tercitrakan dalam kehidupan sosial. tidak hanya itu, masih banyak saudara-saudara kita sulit mendapatkan pendidikan yang layak karena faktor geografis dan fasilitas pendidikan. Masih banyak yang mengalami kelaparan, mereka hanya memakan hasil tanaman mereka dan tidak mampu membeli beras sebagai bahan pokok sehari-hari. Masih banyak dari mereka yang tidak memiliki tempat tinggal yang layak. Masih banyak anak-anak jalanan yang tentu saja tidak hidup sesuai dengan hak-haknya. Itulah Indonesia saat ini. Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara yang kaya dalam sumber daya alamnya, namun negara kita masih mengimpor ikan, beras, daging, buah-buahan, dan lainnya.

Sungguh sulit dipahami, namun inilah rumah kita, negeri kita, Indonesia.

Tindakan utama yang harus kita lakukan adalah menjadikan Indonesia lebih baik lagi, tidak harus dalam tindakan yang besar untuk mengubah Indonesia namun lakukanlah dari hal yang paling kecil.

-Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68, 17 Agustus 2013-

2 pemikiran pada “Apakah Kita Sudah Merdeka?

  1. Zamil tulisannya menggugah, aang setuju sama point terakhir: “Lakukanlah dr hal yg paling kecil” … Mudah2an kita bisa jd bangsa yg besar dan disegani bangsa lain … amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s